Mengenal Tipe Kepribadian INTJ "The Mastermind"


Illustrasi Tipe Kepribadian INTJ

INTJ adalah kepanjangan dari Introverted (I), Intuitive (N), Thinking (T), dan Judging (J). Mereka dijuluki sebagai Ahli Strategi, Arsitek dan Mastermind. Tipe kepribadian ini termasuk yang paling langka, hanya berjumlah 2% dari populasi dunia. Wanita dengan kepribadian ini lebih langka lagi yaitu sekitar 0.8%. Mereka mampu secara strategis, imajinatif tetapi tegas, ambisius namun menjaga privasi, dan punya rasa ingin tahu yang tinggi tetapi tidak ingin membuang energi mereka. Mereka imajinatif namun tetap realistis. Tipe ini sering dijuluki sebagai kutu buku karena memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi.

Berikut ini karakteristik kepribadian INTJ : 

  • Pemikir yang hebat tapi terlalu logis. Tipe ini selalu mengambil kesempatan yang ada untuk mengembangkan pengetahuan. Namun karena terlalu logis, mereka jadi mengabaikan perasaan sehingga terlihat menjadi sosok yang arogan, cenderung menganalisis sesuatu secara berlebihan. Kesempatan ini dia ambil demi tujuannya. 
  • Paling introvert. Sifat dominan Introvert yang ada pada tipe ini, membuat mereka lebih senang fokus dengan pemikiran mereka, menyebabkan mereka adalah tipe yang paling introvert daripada 16 kepribadian lainnya. Selain itu, mereka lebih suka berinteraksi secara mendalam dengan orang lain dan membenci basa basi tidak penting apalagi gosip.
  • Sebenarmya menginginkan hubungan yang sehat. Biasanya tipe ini seringkali punya hubungan tidak baik dengan orang lain. Mereka pun sering kali membuat tembok batasan yang tidak mudah untuk dihancurkan. Mereka terlalu pemilih dan jarang jatuh cinta, memandang emosi sebagai hal yang konyol. Namun, sisi uniknya, mereka bisa menjadi sangat luar biasa sebagai teman ataupun pasangan. 
  • Rasional dan terencana. Tipe ini pintar membuat strategi dan memiliki back up rencana apabila rencana utamanya tidak berhasil. Mereka memikirkan berbagai kemungkinan serta selalu berorientasi terhadap tujuan.
  • Mereka ingin melakukan semua hal dengan benar. Bagi tipe ini, efisiensi dan akurasi sangat penting. Punya kontrol yang sangat baik, tidak takut mengambil sebuah tindakan. Hal ini menjadikan INTJ cenderung perfeksionis. Dalam hubungan pun juga sama, terkadang mereka mengetes loyalitas orang lain untuk membuktikan bahwa orang itu tepat untuk dipercaya dan menjadi sandaran bagi INTJ. 
  • Goal-Oriented. Seorang INTJ senang menganalisis suatu hal, memecahkan kode atau hal tersembunyi dan merencanakan banyak hal agar sejalan dengan tujuan mereka. Karakter ini bisa dibilang dominan dan visioner dengan tujuan besar. Mereka tidak merasa keberatan untuk menghabiskan waktu memikirkan cara mencapai tujuannya
  • Pelupa atau bisa dikatakan tidak mau mengingat. Banyak hal - hal yang ia abaikan karena secara tidak sadar, ia berfikir hal - hal tersebut tidaklah penting. Ia akan lupa tanggal ulang tahun orang terdekatnya atau tanggal penting lainnya. Jika dibandingkan dengan komputer, memorinya digunakan hanya untuk mengeksekusi tugas dari program - program yang harus dijalankan. 
  • Memiliki perasaan yang sensitif. Hal ini mungkin mengejutkan bagi orang - orang dekatnya yang biasa melihatnya tidak menunjukkan emosi apapun. Hal ini dikarenakan seorang INTJ menutupinya dengan memiliki batasan pada perasaannya. Mereka punya kontrol diri yang baik, tanpa kontrol itu mereka akan meledak karena overwhelmed
Kelebihan yang dimiliki kepribadian ini :
- Objektif
- Logis
- Rasional
- Percaya diri
- Pendengar yang baik
- Goal Oriented
- Visioner
- Menerima kritikan dengan baik 

Kekurangan yang dimiliki oleh kepribadian ini :
- Kaku
- Kurang sensitif terhadap perasaan
- Terlalu Perfeksionis
- Arogan dan tidak suka membicarakan perasaan

Assertive vs Turbulent

INTJ sendiri sebenarnya dibagi menjadi 2 yaitu asertif (INTJ-A) dan turbulent (INTJ-T). A dan T ini menunjukkan tingkat kepercayaan diri dalam kepribadian.
  • INTJ A sangat mandiri, agak tidak peka secara sosial, berani mengungkapkan pikiran mereka dengan percaya diri. Sedangkan INTJ-T lebih diplomatis dan mau mendengarkan pendapat orang lain tetapi kurang percaya diri dibanding INTJ-A.
  • INTJ-A adalah orang berkemauan keras dan seringkali menampilkan tingkat ketegasan lebih tinggi dan hal ini dianggap orang lain sebagai kesombongan atau kurang ajar. INTJ-T lebih ragu -ragu dan pemalu serta kewalahan oleh ketidaksempurnaan dan kekacauan emosional mereka. 
  • INTJ-A lebih tidak menyukai perubahan dan sulit menerima ide orang lain serta kurang sensitif, mereka cenderung lebih berkembang dalam kemandirian. Sebaliknya INTJ-T cenderung menghargai kesempurnaan, bijaksana, peka terhadap emosi, dan lebih fleksibel
Adanya Asertif dan Turbulent ini hanya menunjukkan kecenderungan saja, tidak mengubah sifat INTJ dalam diri mereka. Selain Assertive vs Turbulent, INTJ pun dibagi kembali berdasarkan enneatype mereka dalam ke 9 enneagram.

INTJ Enneagram

Apabila kalian belum paham tentang apa itu Enneagram, saya menyarankan untuk membaca terlebih dahulu post ini (Read here). Apabila sudah, mari kita masuk ke pembagian INTJ berdasarkan Enneagramnya. 

INTJ 1w2

INTJ 1w2 adalah orang - orang yang berprinsip, asertif dan percaya dalam melakukan hal yang benar. Mereka juga akan menggunakan logika mereka untuk melakukan apa yang mereka pikir terbaik. Kombinasi 1w2 ini populer tetapi tidak umum untuk kepribadian INTJ. Tipe ini lebih cenderung INTJ-A dibanding INTJ-T. Tapi besar kemungkinan menjadi turbulent apabila sayap tipe 2 memiliki pengaruh lebih besar.
Berikut ini karakteristik INTJ 1w2 :
  • Keinginan terdalam mereka adalah terlihat baik dan menjadi baik. Mereka ingin diapresiasi oleh orang lain, maka dari itu mereka berusaha untuk melakukan hal yang benar.
  • Ketakutan mereka adalah menjadi terlihat jahat dan tidak etis. Tipe ini yakin apabila mereka percaya bahwa mereka melakukan hal yang benar, mereka tidak peduli bila orang lain tidak berfikir hal yang sama.
  • INTJ 1w2 memiliki sifat yang lebih hangat dan sensitif dari kebanyakan INTJ. Mereka ingin membantu orang lain dan hal ini menyebabkan fungsi Fi dalam diri mereka berkembang. Mereka menikmati kesendirian dan kehidupan sosial secara bersamaan.
  • Ketika dikritisi, INTJ 1w2 lebih cenderung menginternalisasi amarahnya dan menjadikannya sebagai kesalahan mereka. Bahkan sampai dititik terburuknya, kehilangan kepercayaan diri. 
  • Karena kehadiran tipe 2 sebagai sayap mereka, mereka sedikit cenderung menyenangkan orang lain. Hal ini tergantung seberapa kuat pengaruh sayap 2 nya. 
  • Tipe ini bisa jadi manipulatif ketika sangat ingin validasi dari orang lain. Dikombinasi dengan berfikir logika mereka, akan sangat berbahaya. Mereka dapat melukai banyak orang jika sedang keadaan tidak sehat.

INTJ 1w9

INTJ 1w9 adalah orang - orang yang percaya diri dan tegas. Mereka punya standar tinggi untuk mencapai tujuan mereka. Tipe kepribadian ini sering memperhatikan moral dan bagaimana menjadi lebih baik. Mereka pun ingin orang lain seperti itu. Tidak heran mengapa tipe ini seringkali menjadi aktivis dan peduli dengan hak asasi manusia, ini benar - benar di bidang mereka. Hal ini pun sama dengan tipe 1w2. INTJ 1w9 pun jauh dari stereotipe INTJ yang kita ketahui. Berikut ini karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam mereka adalah menjadi lebih baik, sama seperti INTJ 1w2. Namun perbedaannya, 1w9 tidak terlalu ingin terlihat baik didepan orang lain. Mereka sama - sama punya standar yang tinggi dan pemikiran analitisnya. 
  • Ketakutan mereka adalah menjadi tidak kompeten. Untuk menghindari hal ini, mereka berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. 
  • Insting utama INTJ 1w9 adalah kemarahan. Mereka seringkali menekan amarahnya sampai tidak dapat ditahan. Terkadang mereka menginternalisasikannya dan menjadikannya kesalahan mereka. Namun satu hal yang pasti, akses mereka terhadap kemarahan sangat cepat.
  • Tipe yang satu ini terlahir sebagai pemimpin natural. Mereka tahu bagaimana mendorong orang lain menuju tujuan dan dapat melakukannya dengan baik. Mereka juga pantas dalam bernegosiasi. Umumnya pula, tipe ini lebih religius dari kebanyakan INTJ.
  • Tipe 1w9 lebih mengeluarkan pendapat mereka mengenai apa yang mereka percayai atau tidak. Sifat asertif mereka terhadap prinsip menjadikannya sosok pemimpin yang punya tujuan jelas. 
  • Mereka perfeksionis yang berorientasi pada tindakan dan punya dorongan yang diperlukan untuk mengimplementasikan ide dengan sempurna. Jadi, kamu berurusan dengan orang yang kompeten. 
  • Tipe ini dapat membuat orang lain merasa diapresiasi dan didengar sehingga mereka mudah dipercaya orang lain. Hal ini berkat tipe 9 yang ada sebagai sayap mereka.
  • Kekurangan yang mereka punya adalah kritik diri, judgemental dan memiliki insting kemarahan yang mereka punya. INTJ 1w9 seringkali menyimpan kebencian dan dendam serta mereka sulit memaafkan orang lain apabila seseorang itu membuat kesalahan yang fatal. Tipe ini sering menghindari perasaan semacam ini, lebih banyak membutuhkan kesendirian untuk menenangkan diri sendiri.

INTJ 2w1

INTJ 2w1 adalah penolong yang ingin melakukan hal yang benar. Tipe kepribadian ini menggunakan kemampuan berfikir cepat dan analitisnya untuk memastikan semua orang tetap bahagia. Tipe 2 sebenarnya adalah tipe yang paling tidak umum untuk INTJ, namun kenyataannya mereka ada dan ini langka. Berikut ini karakteristik INTJ 2w1 :
  • Keinginan terdalam tipe ini adalah menjadi berguna. Mereka ingin menolong siapapun sebisa mereka. Karena hal ini, tipe yang satu ini senang menyenangkan orang lain dan sulit untuk mengatakan tidak, sama seperti halnya enneatype 2 pada umumnya. 
  • Ketakutan mereka adalah diabaikan. Mereka ingin menjadi penting bagi teman dan orang yang mereka cintai. Untuk itu, kepribadian ini akan bertingkah lebih baik pada orang lain. 
  • Kalau biasanya INTJ kebanyakan berkomunikasi secara langsung dan berterus terang sehingga sering dibilang terlalu jujur, maka tipe 2w1 ini berbeda. Mereka peduli dengan reaksi orang lain ketika mereka berbicara dan akan ekstra hati - hati. Fungsi kognitif Fi dalam diri mereka seringkali berpura sebagai Fe. Orang lain biasanya lebih dapat dekat dengan tipe INTJ yang satu ini.
  • INTJ 2w1 ini adalah tipe INTJ yang lebih hangat, lebih ekstrovert namun tidak menjadikan mereka mengubah fungsi kognitif utamanya. Ini berartikan mereka menghargai waktu kesendiriannya dan juga ingin bersosialisasi dengan orang lain. 
  • Tipe ini besar kemungkinannya untuk tertarik pada pekerjaan yang dapat membantu orang lain lebih banyak di kehidupan sosial. Seperti volunteer, aktivitas religius, bahkan acara amal. 
  • Meski mereka mempunyai sifat ingin membantu orang lain, mereka ingin dikenali untuk semua tindakan bantuan mereka pada orang lain. Masalahnya dimulai ketika pengakuan eksternal ini tidak datang. INTJ 2w1 akan menjadi kesal serta didukung dengan pikiran logisnya, bisa jadi manipulatif. 
  • Kurang mandiri. Hal ini mengikuti poin ingin menyenangkan orang lain. Terlepas dari fungsi Fi mereka, mereka biasanya akan mengikuti arus bahkan ketika itu bukan yang mereka inginkan. 
  • Sedikit mengkritisi diri, hal ini karena ada fungsi sayap 1. Mereka ingin apapun sesuai dengan standar dan rencana mereka.

INTJ 2w3

INTJ 2w3 sekilas memiliki kesamaan dengan INTJ 1w9. Namun perbedaannya adalah INTJ 2w3 lebih ingin kompeten di semua bidang yang mereka pilih. Sedangkan INTJ 1w9 bertindak lebih idealis, ingin kompeten pada bidang yang ingin mereka fokuskan demi tujuannya. Seperti apa tipe yang satu ini ? Inilah karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam tipe ini adalah menjadi kompeten. Mereka takut untuk menjadi tidak berdaya sehingga akan mencari pengetahuan dan kemampuan baru untuk merasa percaya diri. Mereka pun ingin bisa menghadapi apapun situasi yang datang. Butuh kontrol situasi setiap saat. 
  • Seringkali menjadi salah satu yang membuat keputusan. Namun mengalami kesulitan mendelegasikan tugas atau menyerahkan kendali pada orang lain. Hal ini membuat INTJ 2w3 menjadi mikromanajer. Mereka sulit untuk meminta bantuan karena tak ingin terlihat lemah.
  • Bisa menjadi tidak fleksibel dalam pikirannya serta begitu fokus pada perfeksionisnya sendiri sehingga mengabaikan kebutuhan orang - orang disekitar mereka. 
  • Begitu sibuk dengan dunia sendiri sehingga gagal untuk melihat gambaran yang lebih besar.
Tipe ini mungkin sekilas terlihat seperti ENFP dan tipe ini sangat langka. Terlihat tidak serius namun tetap akan bertanggung jawab untuk orang lain. Saya tidak menemukan deskripsi yang banyak mengenai INTJ 2w3, let me know if you the one .

INTJ 3w2

INTJ 3w2 adalah sosok penyiasat yang ambisius. Mereka punya tujuan besar dalam hati mereka. Tipe kepribadian ini lebih berorientasi pada kesuksesan dan tak akan bersantai - santai mencapai target mereka. Karena sayap 2, mereka pun senang membantu orang lain, Ini dapat menjadi bentuk kemurahan hati seperti mengajar atau sebagainya. Tipe ini termasuk bukan tipe yang umum untuk INTJ dan mereka termasuk INTJ-A. Berikut ini karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam mereka adalah menjadi sukses dan terlihat sukses. Untuk mendapatkan ini, mereka menggunakan logika dan pemikiran strategi untuk mengejar tujuan. 
  • Ketakutannya adalah menjadi gagal atau merasa tidak berharga. Mereka pun tidak ingin dikenal sebagai pecundang meskipun sebenarnya sudah sukses. 
  • Ingin terlibat dengan orang - orang. Mereka tertarik pada orang lain karena ini adalah salah satu cara mereka menaiki tangga. INTJ biasanya tidak tertarik pada orang lain. Tipe ini berbeda, mereka merasa ingin membuktikan dan menginginkan koneksi dengan orang lain. Namun, karena mereka INTJ, mereka mungkin tak akan pernah mencapai tingkat keterlibatan yang sama dengan seorang ekstrovert.
  • Sangat kompetitif. Hal ini menyebabkan masalah, mereka seringkali tidak tahu kapan untuk istirahat dan menyenangkan diri sendiri. Aktivitas sederhana bukanlah hal yang sederhana untuk mereka. Ini dapat merusak hubungan mereka dengan orang lain. Mereka mungkin juga akan melanggar aturan untuk menang.
  • Tipe ini ingin terlihat untuk keberhasilan mereka. Tipe 3 dan sayap 2 mereka ingin diapresiasi karena pengorbanan mereka. Mereka menjadi sangat menginginkan validasi dari orang lain. Jika tidak mendapatkannya, mereka akan merasa sangat gagal dan hal ini akan mempengaruhi kepercayaan dirinya sendiri. 
  • Karena tipe 3w2 adalah tipe 3, mereka memiliki shadow function Fe yang berkembang. Didukung oleh logika, ini memungkinkan mereka menjadi manipulatif. Kecenderungan ini terlihat pada saat mereka membutuhkan pengakuan. Biasanya terasa saat mereka tak sehat. 
  • Memiliki masalah terkait identitas diri karena mengharapkan kesuksesan dengan segala cara, mereka dapat beradaptasi dengan perubahan keadaan. Sehingga tipe ini begitu asyik memainkan peran hingga mereka lupa siapa diri mereka sebenarnya. 

INTJ 3w4

INTJ 3w4 adalah sosok yang berorientasi pada tujuan dengan sentuhan gaya. Kepribadian ini tertutup dan sering kali merenung. Namun, ambisi dan keunikan mereka jelas dan tak diragukan lagi. Tipe ini tidak umum namun masih bisa mungkin INTJ 3w4 ini ada karena efisiensi INTJ yang mereka punya. Tipe ini cenderung menjadi INTJ-A daripada INTJ-T namun kemungkinan pula terbalik. 
Berikut karakteristiknya :
  • Keinginan terdalamnya sama dengan 3w2, ingin sukses dan terlihat sukses. Namun, gengsi dan glamor lebih mereka inginkan. Mereka ingin melakukan ini dengan cara mereka sendiri. Sederhananya, mereka ingin sukses secara unik.
  • Ketakutannya pun sama dengan 3w2, namun mereka akan lebih menggunakan pemikiran analitisnya dan kreativitas untuk membantunya sukses. Biasanya mereka lebih mudah mencapai kesuksesan. 
  • Lebih stylish. Tipe ini sangat peduli dengan citra mereka. INTJ 3w4 akan berpakaian dan berpenampilan menarik di depan umum. 
  • INTJ bekerja dengan efisiensi. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan mencoba melakukannya sesuai dengan rencana mereka. INTJ 3w4 melakukan ini lebih baik. Mereka biasanya punya proyek terbuka, punya disiplin diri yang luar biasa. Kebanyakan INTJ 3w4 terkadang dianggap tipe 8w7 atau 8w9.
  • Lebih ekstrovert. Mereka butuh berkomunikasi dengan orang lain. Ini cara mereka untuk mencapai kesuksesan.
  • Pemimpin yang alami karena ambisius dan keanggunan yang unik, Hal ini membuat orang lain kagum dengan tipe yang satu ini. Kebanyakan orang melihat tipe ini sebagai panutan atau mengagumi kreativitasnya. Mereka memimpin dan memberi contoh setiap saat. 
  • Memiliki banyak karisma yang tidak tertandingi dari cara mereka berpakaian dan lidah mereka yang persuasif. Hal ini menarik orang pada mereka. 
  • Kompetitif dan terlalu fokus pada pengakuan. Hal ini sama dengan tipe 3w2, namun tipe ini ketika tidak sehat, akan jauh lebih negatif jika tak mendapatkan pengakuan ini. Mereka akan rewel dan kehilangan percaya diri. Skenario terburuknya, mereka bisa menjadi sadis dan pendendam. 
  • Lebih mementingkan diri sendiri. Tipe ini mungkin menaruh fokusnya terhadap diri sendiri sehingga merugikan orang lain. Hal ini akan membuat tipe ini tampak egois. 

INTJ 4w5

INTJ 4w5 merupakan sosok yang sangat kreatif. Mereka analitis dan memiliki bakat seni, musik, melukis dan hal - hal seperti itu. Mereka sangat ingin tahu dan bersemangat tentang minat mereka. Kombinasi INTJ 4w5 juga paling langka. 
Menurut Heidi Priebe, INTJ dengan tipe 4 hanya ada 3% dari populasi INTJ. Bisa dibayangkan betapa langkanya.Tipe ini lebih condong INTJ-A dibanding INTJ-T. Berikut ini karakteristiknya :
  • Keinginan terdalamnya adalah menjadi unik. Mereka mencoba mencapai ini dengan menonjol melalui kemampuan mereka. Dengan mengasah keterampilan, INTJ 4w5 berharap dapat jujur pada diri mereka sendiri. Karena kebutuhan mereka menjadi unik, mereka mungkin melakukan pencarian identitas diri sepanjang hidup mereka. 
  • Ketakutan tipe ini adalah dilihat sebagai umum atau tidak spesial. Untuk menghindari ini, kepribadian ini bersedia untuk bekerja pada kemampuan mereka dan mengasahnya dengan sempurna. 
  • Sangat introvert. Adanya tipe 4, membuat mereka sangat individualistik dan kemungkinan besar sulit untuk berkomunikasi dengan basa - basi. Itu tidak menarik perhatian mereka. 
  • Lebih perhatian, tipe 4 memiliki banyak kehangatan dan kepekaan. Mereka jadi lebih simpatik terhadap orang lain. Ini dikarenakan fungsi Fi mereka berkembang. Ditambah INTJ 4w5 bukan sosok yang terus terang seperti tipikal INTJ. Tidak kaget, mereka mistipe sebagai INFJ.
  • Punya keseimbangan antara logika dan emosi. Tipe ini punya keseimbangan yang baik. Mereka tahu cara menempatkan diri pada posisi orang lain. Apa yang bisa didapatkan dari tipe ini adalah berpengetahuan luas dengan lembut dan tidak menyinggung. 
  • Sangat romantis, biasanya tipikal INTJ tidak tahu seperti apa dalam menjalani hubungan.Tipe ini sangat berbeda, mereka mengenal romansa. Mereka tahu bagaimana mengeksplorasi diri menggunakan bahasa cinta mereka. 
  • Punya selera mode yang lebih baik dari kebanyakan INTJ. Tampil lebih elegan namun simpel. Sangat menarik perhatian namun tidak berlebihan. 
  • Kekurangan tipe ini adalah sangat emosional dan defensif terutama jika kekurangan mereka ditantang secara logis. Ini sangat tidak menyenangkan. 
  • Keras kepala. Mereka punya opini dan nilai yang kuat. Dengan demikian, jika melepaskan nilai - nilai tersebut meski terbukti salah, akan sulit untuk mereka terima. Karena hal ini, mereka kesulitan mengembangkan diri dengan cepat. 
  • Mementingkan diri sendiri. Perasaan bahwa dunia berpusat di sekitar mereka dan masalah yang mereka rasakan akan melekat sepanjang hidup. 
  • Selain itu, INTJ 4w5 kurang berorientasi pada tindakan dibanding INTJ lainnya. Karena mereka suka berimajinasi, menghabiskan waktu sendiri dan skenario terburuknya akan menjadi puas diri. 

INTJ 4w3

INTJ 4w3 adalah kontradiksi yang hidup. Ini didorong oleh pertempuran internal antara Fi dan Te. Meskipun ini sulit untuk mereka, namun hal ini terlihat keren dimata orang lain. Tipe ini nampaknya seimbang dengan yang lain. Kepekaan mereka terhadap orang lain didukung oleh pemikiran mereka yang cenderung logis. Tipe ini lebih termasuk INTJ-T daripada INTJ-A. Berikut karakteristiknya :
  • Keinginan mereka adalah menjadi unik apapun itu. Ini sama seperti INTJ 4w5. Ketakutannya pun juga sama, takut untuk terlihat umum dan biasa saja. Untuk menghindari itu, tipe ini akan menciptakan nilai yang dibutuhkan untuk mereka ditambah fungsi Fi nya.  
  • Sangat sensitif dibanding tipe INTJ lain. INTJ yang diberkahi Fi yang kuat, sangat mengerti apa yang orang lain rasakan dengan refleksi perasaan mereka. Hangat dan simpatik.
  • Sangat terdorong dan bersemangat. Tipe ini ambisius, memiliki etos kerja yang bagus, ingin sukses dan bahkan mungkin ingin populer dalam lingkaran pertemanan mereka. Mereka akan berbicara lebih banyak daripada tipikal INTJ. 
  • Karena mereka sensitif dan berorientasi pada orang, menjadikan mereka adalah pemimpin yang baik. Mereka menggabungkan emosi dan logika serta, orang lain akan merasa lebih mudah untuk berhubungan dengan mereka. Semuanya tetap baik - baik saja dan dapat diprediksi selama nilainya tak diinjak.
  • Mereka lebih romantis, diplomatis dan kreatif berkat tipe 4 yang mereka punya. Hal ini juga sama pada 4w5.
  • Terlepas dari banyak kelebihan yang mereka punya, kepribadian ini seringkali ragu. Mereka ragu akan keputusan mereka sendiri atau nilai mereka. Lebih buruk lagi, hal ini bisa membuang peluang besar.
  • Kelumpuhan analisis sering mereka rasakan, hal ini karena bentrokan antara fungsi Te dan Fi mereka. Mereka terus terpecah antara buat keputusan berdasarkan logika atau nilai yang dipunya. Ini dapat membuat mereka tampak ragu - ragu, tak yakin pada diri sendiri. 
  • Sangat keras kepala. Karena INTJ 4w3 ini punya nilai yang kuat, mereka mengambilnya dengan serius. Selain itu, mereka juga akan lebih mementingkan diri sendiri. Ini membuat mereka terlihat egois. 

INTJ 5w6

Akhirnya kita masuk ke tipe paling umum untuk INTJ. Tipe 5w6 ini lebih mirip pada stereotipe INTJ yang kita ketahui. INTJ 5w6 adalah sosok yang percaya diri dan logis. Mereka hidup sangat terstruktur dan teratur. Mereka perfeksionis dan ingin semua berjalan dengan baik. Berikut ini karakteristiknya :
  • Ketakutan mereka adalah bergantung pada orang lain, apalagi jika untuk bertahan hidup. Jadi, mereka melakukan perubahan yang cukup untuk memastikan bahwa mereka mencapai tujuannya. Ini membantu mereka menjadi benar - benar efektif. 
  • Tipe ini butuh perencanaan tiap waktu karena mereka tidak bisa berimprovisasi. Tapi karena mereka sadar bahwa ada kemungkinan rencana itu gagal, maka mereka punya beberapa rencana dalam satu acara. Dengan begitu mereka takkan bingung. Tipe ini tak suka dikejutkan. 
  • Teori dan implementasi. Tipe ini dapat melaksanakan proyek dengan sangat baik. Mereka akan menutupi semua celah dan memastikan semua berjalan sesuai rencana.
  • Tipe ini jauh lebih realistis meski masih memiliki sifat intuitif. Mereka akan melihat banyak kemungkinan, namun akan mencari yang lebih realistis. Ini membuat mereka mengambil langkah setiap waktu.
  • Tipe ini membutuhkan kontrol untuk hidup mereka sendiri dan tak begitu peduli dengan apa yang orang lain pikirkan. Hal ini sampai detail terkecil, waktu, struktur termasuk hubungan romantis.
  • Tipe ini meski dibilang sosok percaya diri, namun mereka punya rasa tak aman. Ada saat dimana mereka meragukan ide dan keputusan yang telah mereka buat. Ketika ragu, mereka ingin dibilang bahwa mereka berada dijalan yang benar. Hal ini sedikit mengejutkan bagi orang lain. 
  • Tipe ini bukan pengambil risiko terbaik. Mereka takut jika hal - hal bisa menjadi salah. Mereka sangat berhati - hati tentang rencana apapun. Mereka bisa kehilangan banyak peluang dan menghambat kemajuan karena takut mengambil resiko. 
  • Tipe ini mengakses ketakutan dengan sangat mudah apabila dihadapkan berbagai situasi. Ketakutan ini membuat mereka kurang terbuka terhadap hal baru dan kemungkinan lain. Mungkin ini mengapa mereka suka sesuatu yang sudah terencana. 
  • Pesimis. Tipe ini dibilang percaya diri pada kemampuannya untuk menyelesaikan sesuatu. Tapi mereka pesimis tentang ide baru atau inovasi. Mereka butuh banyak waktu untuk berfikir sebelum memutuskan. 

INTJ 5w4

INTJ 5w4 merupakan sosok intelektual yang mendalam. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang luar biasa terhadap dunia disekitar mereka. Ini sering membuat mereka menjadi pembaca dan peneliti yang bersemangat. Tipe ini akan menyukai estetika dan memperhatikan selera dan mode. INTJ 5w4 cenderung menjadi INTJ-T daripada INTJ-A. Berikut karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam dari INTJ 5w4 adalah menjadi mandiri dan menjadi diri mereka sendiri. Untuk melakukan ini, tipe kepribadian ini cukup menyadari bahwa mereka perlu punya alat tertentu serta banyak waktu dihabiskan untuk meneliti hal - hal yang berkaitan dengan jalur karir mereka. 
  • Ketakutan mereka adalah menjadi beban atau tidak kompeten. Untuk menghindari rasa takut ini, mereka akan melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk berhasil. 
  • Mereka hangat dan sedikit emosional. Tipe ini mungkin sedikit mirip kepribadian INFP/INFJ. Selain itu, mereka perlu menjadi berbeda, ingin unik dan anti mainstream dari orang lain.
  • Mungkin lebih artistik. Mereka akan hebat dalam hal seni seperti musik, melukis, menggambar dan lain sebagainya. Namun hal ini mungkin akan cukup menjadi hobi. Mereka akan tertarik pada apapun yang menjadi keterarikan tipe 5.
  • Keseimbangan emosi dan logika. Hal ini sama dengan tipe 4w5. Namun tipe ini sangat keras kepala. Mereka punya nilai yang kuat bahkan bisa dikalahkan oleh logika. Ini dapat mengganggu dan bahkan menyebabkan hubungan yang tegang.
  • Puas diri. Tipe ini memiliki banyak imajinasi. Mereka suka memikirkan banyak hal dan seringkali tersesat dikepala mereka. Ini mungkin menyebabkan mereka mengabaikan hal - hal yang penting dan mendasar jika terjadi.
  • Mementingkan diri sendiri. Sifat egois mereka dapat membuatnya terlepas dari orang lain. Mereka begitu fokus pada minat dan mengabaikan orang terdekatnya. Skenario terburuknya, tipe ini mungkin merasa bahwa dunia menentang mereka.

INTJ 6w5

Tipe ini menjadi tipe yang umum ke 3 setelah 5w6 dan 5w4. Mereka adalah sosok yang sangat intelektual, ingin tahu, loyal dan introvert. INTJ 6w5 kemungkinan adalah INTJ-A. Berikut ini karakteristiknya :
  • Keinginan terdalamnya adalah menjadi aman. Mereka membutuhkan bimbingan dan kepastian bahwa jalan yang mereka pilih adalah yang terbaik. Untuk hal ini, mereka membuat rencana dengan aman. Mereka juga membentuk aliansi dan bimbingan dari orang yang mereka sayang. 
  • Ketakutan tipe ini adalah menjadi tak aman, ketidakamanan mereka berawal dari rasa takut tak memiliki bimbingan atau pemahaman yang tepat. Untuk menghindari ini, tipe ini akan membangun dukungan. Mereka juga mengumpulkan informasi yang cukup. Bagi mereka, semakin banyak tahu, akan semakin aman. 
  • Tipe 6w5 suka mengambil tindakan sesuai rencananya. Mereka merupakan pemecah masalah yang hebat. Mereka tahu bagaimana cara menghindari krisis.
  • Tipe ini punya etos kerja luar biasa baik. Ini diperkuat oleh kebutuhan mereka akan struktur dan organisasi. Tipe ini dapat menyelesaikan banyak hal secepat kilat. 
  • Membutuhkan aliansi atas dukungan seiring waktu. Mereka dapat membangun komunitas disekitar yang dapat bertahan selamanya.
  • Loyal. Tipe ini akan memberi banyak hal pada seseorang yang mereka cintai sebagai bentuk loyalitas. Namun tipe ini tetaplah INTJ yang sulit untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan. 
  • Lebih pragmatis. Mereka intuitif dan visioner sehingga ketika memiliki ide, mereka sering mendekatnya dengan hati - hati dan realistis. 
  • Lebih berorientasi pada orang tapi masih tetap sangat introvert. Mereka memiliki daya tarik yang tajam dengan orang - orang serta suka berinteraksi dengan orang lain bila waktunya tepat. Selain itu, mereka hebat dalam keadaan darurat. Ketakutan dan kecemasan mereka sangat banyak. Mereka mungkin akan terlalu menganalisa sebuah masalah dan berakhir paranoid. 
  • Pesimis. Tipe ini menemui masalah dan ide baru dari sifat pesimis yang mereka punya. Masalahnya adalah rencana mereka dapat melihat semua kekurangan dan alasan mengapa, itu tidak berhasil. Akan sulit bagi mereka untuk tetap termotivasi demi sebuah projek.
  • Kesulitan percaya dengan orang lain. Mereka seringkali berakhir hanya memiliki  segelintir teman yang mereka percaya. Karena hal ini, sulit untuk membina hubungan baru. Lagipula, mereka kemungkinan besar beralasan "kebanyakan orang adalah sama."

INTJ 6w7

    INTJ 6w7 adalah sosok yang analitis dan rasional namun juga cemas dan paranoid. Sama halnya seperti 6w5, mereka pun butuh rasa aman, mereka ingin memiliki rencana matang dan tahu apa yang akan datang. Ketakutan mereka adalah ditinggalkan dan diabaikan. Berikut ini karakteristik tipe ini :
  • Analitis. Bukan sesuatu yang mengherankan tipe ini analitis namun punya kemampuan lebih yaitu dapat dengan cepat melihat pola dan koneksi yang mungkin orang lain tidak melihatnya. Hal ini membawa mereka pada solusi kreatif tiap masalah.
  • Mandiri dan praktis. Mereka suka melakukan hal yang ingin mereka lakukan dan akan sangat keras kepala. Mereka pun tak takut mengambil resiko serta bersedia melawan arus. Dalam hal praktis, tipe ini lebih tertarik pada fungsi daripada bentuk. Lebih menyukai solusi sederhana dan efisien agar tak membuang banyak waktu. 
  • Tertutup dan introspektif. Mereka pada dasarnya sangat tertutup dan tidak mudah membiarkan orang lain masuk ke dalam dunia mereka. Akan sangat membutuhkan banyak waktu untuk percaya pada orang lain dan membiarkan masuk. Selain itu, mereka pun lebih suka mengeksplor apa yang ada dipikiran mereka, mencoba untuk memahami diri sendiri dan orang lain. Ini menyebabkan mereka seperti jauh dari lingkungan dan dunia sekitar mereka.
  • Punya jiwa petualang. Mereka tidak takut mengambil resiko dan mencoba hal yang baru. Ini membuat mereka terlihat bersemangat dan spontan. Namun, mereka pun sangat berhati - hati dan mencari potensi bahaya yang mungkin terjadi.
  • Kekurangan dari tipe ini adalah workaholic, lebih sensitif pada kritik dan perkataan negatif orang lain, seringkali meragukan kemampuan dan keputusan, selalu butuh kontrol sehingga tidak fleksibel, terlalu perfeksionis, dan seringkali overthinking

INTJ 7w6

Tipe yang satu ini lebih introspektif dan sosok yang analitis, tak jauh berbeda dengan 6w7. Namun tipe ini lebih sosial dan ramah dibandingkan tipe lainnya. Mereka suka berinteraksi dengan orang lain dan punya selera humor yang kuat. Tipe ini mungkin lebih ekspresif daripada kebanyakan INTJ serta sangat bagus dalam membaca orang lain. Mereka pun kemungkinan mengambil resiko besar dan menjadi spontan. Berikut karakteristiknya :
  • Keinginan terdalamnya adalah menjadi bahagia dan puas. Mereka ingin menikmati hidup dan pengalaman sebanyak yang mereka bisa. Mereka takut akan kebosanan dan selalu cari cara baru untuk merangsang pikiran dan emosi mereka. Mereka juga takut jika tidak memenuhi standar yang mereka telah buat dan takut tak menemukan kebahagiaan yang mereka inginkan.
  • Karena tipikal INTJ adalah intelektual dan strategis, pada tipe ini mereka sering kali kehilangan motivasi. Jika masalahnya menjadi sulit, mereka akan bosan dengan hal itu. Mereka perlu terus menerus ditantang untuk mempertahankan minat dan motivasinya.
  • Karena tipe ini seringkali mengambil resiko yang terkadang mereka pun merasa ragu karena sifat perfeksionisnya ingin menghindar dari kesalahan, mereka juga punya keinginan kuat untuk bersenang - senang. 
  • Tipe ini sangat individualistik yang berbaris mengikuti irama arahan mereka sendiri. Mereka seringkali tak peduli apa yang orang lain katakan pada mereka dan nyaman sebagai diri sendiri meski artinya menonjol dari keramaian. Ini bisa jadi tantangan karena sulit untuk menyesuaikan diri jika tak mematuhi norma - norma masyarakat. 
  • Tipe ini punya integritas dan moralitas yang kuat. Mereka ingin melakukan apa saja meski itu tak populer dan mudah. Kadang - kadang menjadi tantangan karena punya arti berbeda dengan masyarakat sekitarnya. 

INTJ 7w8

INTJ 7w8 adalah sosok yang bersemangat, kreatif dan mencari tantangan baru. Ini menjadikan keinginan terdalam mereka menjadi bahagia dan hidup penuh pertualangan. Ketakutan mereka adalah kehilangan pengalaman dan peluang yang dapat membuat mereka cemas. 
Inilah karakteristik INTJ 7w8 :
  • Lebih sosial dan ramah pada orang lain dan dikenal sebagai orang yang menghidupkan suasana. Sifat ini benar - benar tidak umum sebagai INTJ namun ternyata tipe ini ada dan mereka tetap seorang introvert yang perlu mengisi kembali baterai sosial mereka. 
  • Tipe ini seringkali berfikir diluar kotak, tetap inovatif dan memiliki ide baru. Namun sayangnya, mereka bisa jadi sangat impulsif dan tidak memikirkan semuanya dengan benar serta bisa menjadi tak sabaran dan ingin semuanya terjadi secepatnya. 
  • Tipe ini sangat protektif terhadap orang disekitarnya, terkadang menjadikan tipe ini posesif terhadap orang yang mereka cintai. Mereka pun ingin melakukan yang terbaik untuk teman, saudara, keluarga dalam waktu yang sulit. 
  • Tetap tenang dalam situasi kritis. Memiliki energi yang banyak dan karismatik, menjadikan mereka tenang dalam situasi apapun dan jarang panik.
  • Meski mereka INTJ, punya enneatype 7w8 menjadikan mereka sulit untuk mengatur dan membuat rencana. Ini karena sifat impulsif mereka yang menjadikannya sulit untuk tetap dalam rencana dalam jangka waktu yang panjang. 
  • Sangat impulsif. Mereka tidak bisa tetap pada satu hobi atau ketertarikannya. Mereka akan pindah hati dari satu hobi ke hobi lain untuk mencari petualang dan semangat baru 

INTJ 8w9

INTJ 8w9 adalah sosok dominan dan percaya diri. Mereka adalah pembela orang yang mereka cintai dan mendambakan kendali mutlak atas diri sendiri. Tipe ini  tertarik menjaga perdamaian, beradaptasi terutama dengan orang yang mereka sayangi. INTJ 8w9 cenderung lebih menjadi INTJ-A dibanding INTJ-T. Berikut karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam mereka adalah dapat mengontrol hidup mereka sendiri. Ini juga berlaku untuk orang yang mereka cintai. Untuk melakukan ini, tipe ini akan menolak segala upaya untuk mengendalikannya. Mereka mungkin juga mengumpulkan alat atau sumber daya untuk memastikan orang yang mereka cintai tak dapat diintimidasi. 
  • Ketakutan mereka adalah kehilangan kekuatan dan kontrol. Mereka juga takut jika dikhianati oleh siapapun yang mereka sayang. Jadi, ini perjuangan yang keras untuk mereka mempercayai orang lain. Terlalu banyak berfikir sudah menjadi bagian dari hidup mereka karena mereka INTJ.
  • Ambisius. Punya rencana dan strategi yang sangat matang bahkan rencana bagaimana menjadi sukses. Perbedaannya terletak disini, mereka tidak memerlukan efisiensi seperti kebanyakan INTJ. Mereka ingin punya kendali dan kekuatan finansial untuk mereka. Uang akan sangat penting untuk mencapai target. Karena itu, mereka sangat ambisius. Namun, tipe ini tidak memprioritaskan tujuan mereka diatas keluarga.
  • Protektif. Mereka dijuluki beruang karena besarnya rasa protektif mereka meskipun tampak pendiam dan santai. Tipe ini bisa jadi sosok yang mengintimidasi, jadi jangan coba - coba sakiti siapapun yang mereka sayang. 
  • Lebih Diplomatis. 8w9 dikenal karena keterampilan mediator mereka. Tipe ini tahu bagaimana menggunakan kebijaksanaan untuk berdiskusi dengan lawan atau orang lain. Mereka juga tahu bagaimana menahan informasi yang mungkin berguna bagi mereka dikemudian hari.
  • Lebih berorientasi pada orang. INTJ 8w9 akan lebih terbuka dan sosial. Mereka akan lebih terlibat dengan orang - orang yang bahkan mungkin lebih disukai. Karena hal ini, mereka mungkin akan menciptakan hubungan berharga dengan orang - orang. Meski begitu mereka tetap INTJ yang butuh waktu sendiri untuk pulih. 
  • Tekad. Ini salah satu sifat luar biasa dari tipe 8 dan 1. Tekad mereka dikombinasikan dengan kemampuan INTJ untuk memecahkan masalah akan membantu mereka mengatasi banyak tantangan. Mereka punya rencana yang sempurna untuk setiap situasi yang mereka hadapi. 
  • Pemimpin yang hebat untuk alasan yang bagus. Mereka punya perpaduan yang tepat antara menginspirasi pengikut dan mengelola emosi serta aspirasi orang lain. Karena sifatnya yang tenang, mereka sulit untuk diabaikan. 
  • Karena tipenya 8w9, mereka akan menunjukkan sisi konfrontatif pada saat bertemu. Selain itu, sulit untuk mengungkapkan perasaan. Tipe ini tidak membiarkan orang lain membantu mereka bahkan ketika mereka membutuhkannya. Ini terjadi karena mereka tak mau untuk terlihat lemah. Ini menjadi kekurangan, dan mungkin kehilangan koneksi berarti yang dapat dihasilkan. 

INTJ 8w7

INTJ 8w7 adalah tipe jenis langka untuk tipe INTJ. Mereka adalah orang yang menguasai strategi dan dominasi agresif. Karena adanya sifat ini serta mampu mengendalikannya, tipe ini disalah sangka sebagai ENTJ 8w7. INTJ 8w7 akan punya fungsi Se yang disempurnakan. Ini memungkinkan mereka untuk berhubungan dengan realitas saat ini. Ini akan memberi mereka keunggulan ganda karena mereka juga suka melihat gambaran besarnya. Tipe INTJ 8w7 termasuk INTJ-A. Berikut karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam mereka adalah mengontrol kehidupan mereka sendiri dan orang lain. Untuk itu, punya kekuatan dan sumber daya yang tepat adalah kuncinya. Tipe INTJ 8w7 punya kemampuan strategi dan dorongan untuk melakukannya. 
  • Ketakutan tipe ini adalah dalam kendali orang lain atau kehilangan kendali. Mereka menyadari ini ketika mereka harus bergantung pada orang lain. Jadi mereka sangat enggan untuk meminta pertolongan orang lain. 
  • Tipe kepribadian ini akan jauh lebih agresif. Ini akan membuat tipe ini sangat mengintimindasi dan menakutkan. Tapi karena mereka INTJ, mereka takkan terlalu impulsif dibanding 8w7 tipe MBTI lainnya. 
  • Meskipun introvert, tipe ini akan lebih mudah bergaul. Mereka mungkin menggunakan lebih banyak sarkasme atau lebih tegas tentang nilai mereka. Intinya ide dan pendapat mereka akan lebih berasa.
  • Kemampuan untuk mengendalikan lingkungan dan kehidupan mereka mungkin membuat tipe yang satu ini mencoba bisnis mereka sendiri karena secara alami bagus dalam struktur organisasi, mereka akan sangat baik dalam mengatur struktur bisnis. Orang lain akan senang karena peran yang dimasukkan mereka cukup jelas. 
  • Masalah INTJ 8w7 dimulai dari sayapnya. Tipe 7 biasanya punya sifat adiktif. Ini dapat bervariasi dari masalah kecil hingga masalah besar. Jadi masalah jika adiktifnya itu mengarah hal negatif seperti  narkoba, alkohol, dan lainnya. Mereka mungkin hanya akan memiliki satu sifat buruk ini. Untungnya, ini takkan mengalihkan perhatian mereka dan tujuan mereka. Namun hal ini serius jika tak ditangani dengan benar. 
  • Workaholic. Etos kerja baik, berorientasi pada tindakan, merupakan hal yang bagus. Namun jika sampai bekerja tanpa henti apalagi mendorong tubuh mereka sampai batasnya. Ini akan bermasalah. bahkan orang - orang tersayangnya akan terpengaruh secara negatif. Hal ini butuh namanya keseimbangan. 
  • Sayap 7 seperti anak dalam kepribadian enneagram. Sederhananya, ingin dimanjakan. Ini akan menciptakan masalah pengeluaran yang berlebihan. Jalan lainnya membantu orang lain dengan berlebihan. Hal ini dapat membuat INTJ 7w8 akan bekerja lebih keras untuk menutup pengeluaran besar mereka. Karena tipe 8 ingin mengendalikan hidup mereka. 
  • Sama seperti tipe 1w9 dan 8w9, mereka mengakses kemarahan dengan mudah. Namun karena mereka INTJ, mungkin mereka akan lebih strategis dalam kemarahannya. Jadi, mereka mungkin memilih kesempatan terbaik untuk menunjukkan betapa marahnya mereka terhadap seseorang. Jika itu terjadi, mereka akan lebih buas dari orang yang mengira mereka pendiam. 

INTJ 9w8

INTJ 9w8 merupakan sosok yang tenang dan sopan. Mereka cenderung mencari perdamaian dan diplomasi ketika dihadapkan dengan masalah atau konflik. Meski ini benar, mereka memiliki kekuatan diam - diam yang biasanya didukung oleh logika mereka. Tipe ini lebih cenderung INTJ-T daripada INTJ-A. Berikut ini karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam mereka adalah dalam keadaan damai. Ini berlaku untuk lingkungan internal dan eksternal. Dengan demikian, INTJ 9w8 mungkin bersedia melepaskan sebagian dari ambisi mereka jika itu mengganggu perdamaian secara signifikan. 
  • Ketakutan mereka adalah kedamaian mereka terganggu. Mereka tak ingin terlibat dalam konflik yang berkepanjangan. Untuk menghindari hal ini, tipe ini berusaha mengakomodasi orang lain sebanyak mungkin. Terutama orang yang mereka cintai. 
  • Lebih Diplomatis. Meskipun mempertahankan kemandirian yang tinggi, mereka masih menemukan cara untuk memastikan semua orang serta terus bekerja sama. 
  • Karena tipe 9, INTJ 9w8 akan lebih santai, sadar akan perasaan dan emosi. Jadi, mereka tahu bagaimana mengikuti arus. Fungsi Fi mereka juga meniru fungsi fungsi Fe dalam hal ini. 
  • Lebih berorientasi pada orang. Karena ingin merasa keharmonisan, pasti mereka ingin berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini membuat mereka terlihat sedikit ekstrovert dari tipe INTJ lain. 
  • Mengikuti sifat diplomatis santai, tipe ini lebih akomodatif dari INTJ lainnya. Mereka dapat mengakomodasi proses pemikiran, nilai dan metode yang berbeda dalam melakukan sesuatu. Meskipun mereka mungkin mempertimbangkan setiap tindakan secara logis, mereka mungkin tidak secara lahiriah menunjukkan ketidaksetujuannya. Kecenderungan untuk menyimpan pemikiran logis ini sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan orang. Tipe ini tahu hal ini dan menggunakannya untuk efek yang menghancurkan. 
  • Tipe ini lebih seimbang antara emosional dan logika mereka. Keseimbangan ini merupakan tingkat toleransi yang lebih tinggi. Ini kebutuhan tipe 9 untuk menekan amarah dan terputus dari amarahnya demi kedamaian. Oleh karena itu, mereka akan tampak baik - baik saja bahkan saat kesal maupun marah.
  • Tipe ini akan lebih bergantung pada orang lain karena sifatnya yang cenderung turbulent. Tapi mereka tidak akan bergantung secara ekstrim, mereka masih INTJ yang memilih lebih mandiri. 
  • Karena mereka punya kemampuan untuk melihat perspektif yang berbeda, tipe ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menganalisis dan mengambil keputusan. Meskipun kadang - kadang bisa cepat, itu bisa sangat lambat untuk dicapai saat membuat keputusan besar. 
  • Kurang terstruktur. Mereka mungkin kurang tepat dan lebih spontan dibandingkan INTJ lainnya. Ini menyebabkan mereka sedikit disorganisasi. Mereka akan lebih mirip INTP / INFP dalam situasi ini.
  • INTJ 9w8 kurang asertif. Ini umumnya mengikuti keinginan tipe 9 untuk mengikuti arus. Dengan demikian, tipe kepribadian ini lebih bijaksana dan sadar akan pendapat orang. Jadi, mereka takkan tertarik untuk memaksakan logika mereka pada orang lain. Ini menimbulkan kesan menyenangkan orang, namun karena mereka punya sayap 8, kemungkinannya kecil. 

INTJ 9w1

INTJ 9w1 adalah orang yang santai dengan sentuhan etika dan moralitas. Mereka biasanya baik dan dingin. INTJ 9w1 lebih cenderung menjadi INTJ-T dibanding INTJ-A. Berikut ini karakteristiknya :
  • Keinginan terdalam dari INTJ 9w1 adalah menjaga keharmonisan. Mereka lebih ingin memiliki kedamaian batin. Untuk mencapai ini, mereka berusaha bergaul dengan semua orang sebanyak yang mereka bisa. 
  • Ketakutan mereka adalah berada dalam konflik terus - menerus. Untuk menghindari hal ini, INTJ 9w1 akan menggunakan setiap taktik di gudang mereka untuk menjaga perdamaian. 
  • INTJ 9w1 memiliki pemikiran dan pendapat itu diujung lidah mereka. Namun mereka akan menunjukkan banyak pengekangan saat berbicara atau mengekspresikan diri. Ini karena mereka benar - benar tidak memiliki kekuatan mental untuk menghadapi konflik. Jadi, mereka akan sangat bijaksana terutama saat berhadapan dengan orang yang sensitif atau terlalu asertif. 
  • Sedikit lebih ekstrovert. Ini karena tipe 9 dalam enneatype mereka suka bersosialisasi dengan orang lain dan digunakan untuk mengakomodasi orang lain. Namun tipe ini tetap introvert karena mereka INTJ. 
  • Lebih etis. Ini karena adanya tipe 1 dalam sayap mereka. Mereka ingin melakukan hal dengan benar. Ini akan lebih ditingkatkan dengan fungsi Fi mereka. Nilai dan moral tetap penting.
  • Tipe 9 adalah tipe paling baik dalam enneagram, mereka menjadi lebih ramah dan hangat. Mereka akan mengikuti arus dan melakukan apa yang diminta dari mereka. Namun, ini tak berarti bahwa mereka akan mengizinkan orang lain untuk menjalankan semuanya. Ini akan berarti dibuat jelas ketika moral mereka diuji. 
  • Tipe ini akan tampil kurang kaku dengan pendapatnya. Mereka siap untuk mengubah atau mendengarkan apa yang orang lain katakan. Tipe ini mungkin menguasai seni memberitahu pada orang lain apa yang ingin dia dengar. Ini hanya salah satu taktiknya untuk menghindari konflik. 
  • Karena mau mendengarkan orang lain dan hangat serta baik, secara alami diterjemahkan menjadi seorang people-pleaser yang kronis. Namun karena mereka INTJ, sifat ini akan berkurang. Tipe ini tahu kapan harus menahan diri dan kapan harus tegas. 
  • Tipe 9 terkenal karena masalah puas diri. Ini lahir dari kebutuhan mereka untuk tidak menghancurkan keharmonisan batin mereka. Mereka berjuang keras dengan rasa puas diri. 
  • Tipe ini termasuk ragu - ragu ketika mengambil keputusan karena semuanya tidakingin menimbulkan konflik. Karena mereka logis, mereka akan menganalisis masalah untuk menemukan cara paling logis untuk menjaga perdamaian. Dengan demikian, tipe ini mungkin menderita kelumpuhan analisis. 
  • Meski sayapnya 1, yang artinya mendambakan kesempurnaan, tapi tipe 9 mereka lebih dominan. Hal ini menyebabkan INTJ 9w1 tidak akan seefisien INTJ lainya, juga takkan sesempurna tipe 1. Mereka hanya 9w1.

Pekerjaan yang cocok

Seperti yang kita ketahui bahwa INTJ termasuk kepribadian dengan tingkat intelektual yang tinggi, pasti kalian berfikir mereka akan cocok di jalur karir yang kompleks seperti sains dan teknik serta kurang cocok di bidang yang biasa biasa saja seperti chef atau musik misalnya. Sebenarnya tidak selalu begitu, tingkat intelektual tidak termasuk dalam tes kepribadian. Setiap manusia memiliki bakat dan kemampuannya masing masing, tinggal bagaimana kalian memanfaatkan kemampuan yang dipunya agar bermanfaat untuk dunia dan orang banyak. Bukankah itu tujuan manusia hidup di dunia ya kan ?
Baiklah daripada terlalu panjang, inilah list pekerjaan yang cocok untuk kepribadian INTJ :
  • Matematikawan (9w1, 6w5)
  • Auditor (9w1, 3w2, 5w6)
  • Professor (9w1, 5w6, 6w5, 1w2, 2w3, 7w8, 8w9)
  • Farmasi (9w1, 1w2, 5w4, 6w5)
  • Teknik Listrik (9w1, 2w3)
  • Teknik Sipil (9w1, 2w3)
  • Paralegal (9w1, 2w1, 5w6)
  • Resepsionis (9w1)
  • Editor (9w1, 5w4)
  • Hakim (1w9, 6w5)
  • Pengacara (1w9, 2w3, 4w3, 6w5, 7w6, 8w9, 9w8)
  • Politisi (1w9, 1w2, 3w2, 3w4, 6w5, 6w7, 8w7, 8w9)
  • Fisikawan (1w9, 5w4)
  • Penulis  / Jurnalis (1w9, 3w2, 4w5, 5w4, 5w6, 6w5, 7w8, 8w7, 8w9, 9w8)
  • Akuntansi (3w2, 3w4, 4w3, 5w6, 7w6)
  • Eksekutif (1w9, 3w2, 3w4, 4w3, 5w4, 8w7, 8w9, 9w8)
  • Konselor (1w9, 4w3, 5w4)
  • Aktivis (1w2)
  • Perawat (1w2, 2w1)
  • HR Manajer (1w2, 2w1, 3w4, 4w3, 8w7. 9w8)
  • Freelancer (2w1, 7w8)
  • Juru masak (2w1)
  • Dokter (2w1, 2w3, 3w4, 7w8)
  • Guru Sekolah Menengah (1w2, 2w1)
  • Ilmu Komputer (2w3, 3w4, 6w5)
  • Pengusaha (3w2, 6w7, 7w8, 8w7, 8w9)
  • Financial Analyst (3w2, 4w3, 5w6, 7w6)
  • Ekonomi (3w2,4w3, 5w6, 7w6)
  • Aktor (3w4)
  • Direktur (3w4)
  • Mentor (4w3)
  • Psikologis (4w3, 6w5, 9w8)
  • Desain Grafis (4w3, 5w4)
  • Musisi (4w3, 4w5, 7w8)
  • Fotografer (4w3, 5w4)
  • Arsitek (6w5, 5w6)
Yang saya tulis disini hanya sebagian besar pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini. Jika kita lihat disini, sepertinya pekerjaan sebagai penulis lebih diminati sebagian besar INTJ. Tetapi semuanya kembali lagi pada minat dan bakat kalian. List ini ada untuk menjadi guide kalian yang mungkin bingung harus memilih pekerjaan apa yang cocok sesuai dengan kepribadian kalian masing - masing. 

INTJ Depression & Struggle

INTJ adalah salah satu kepribadian yang sangat mungkin untuk mengalami depresi berat. Butuh banyak perjuangan menjadi tipe kepribadian yang satu ini meski memiliki kesadaran diri yang tinggi. Apa yang menjadikan seorang INTJ ini merasa depresi ?
  • Tidak mampu mengurus diri sendiri dan merasa bergantung pada orang lain.
  • Hubungan dengan orang lain yang terputus.
  • Kegagalan berulang terkait tujuan dan rencana mereka.
  • Perubahan radikal atau perubahan hidup yang besar. 
  • Merasa tak berdaya dan tidak memiliki kendali atas hidup mereka.
  • Dianiaya atau pekerjaan mereka ditolak. 
Hampir tidak ada yang tahu jika seorang INTJ sedang merasa depresi karena INTJ sendiri tidak menunjukkan tanda - tanda itu namun seringkali menarik diri kedalam kesendirian, dimana mereka akan merenung dan berkubang dalam pesta tanpa mengundang orang lain. Baiklah mungkin kedengarannya terlalu melebih - lebihkan namun itu benar adanya. Lalu bagaimana untuk mengetahuinya jika INTJ sendiri tidak meminta bantuan ? 
  1. Isolasi diri, ini adalah hal yang paling pasti. Mereka ada dalam Ni-Fi Looping ketika ini terjadi (akan saya jelaskan nanti). Mereka akan terus menerus berfikir negatif serta menunjukkan sisi buruk mereka. Jadi, jika seorang INTJ menghilang terlalu lama, kemungkinan besar dia sedang merasa depresi. Jika kalian bersahabat baik dengannya, tanyakanlah kabarnya. Jangan pernah menekan seorang INTJ ketika berada diposisi ini, itu hanya akan memperburuk keadaannya. 
  2. Mereka menumbuhkan sikap antisosial. Mereka takkan peduli dengan apapun dan mereka akan merasakan kesepian yang mendalam karena kurangnya semangat yang sama atau jiwa yang berfikiran hal sama dengan siapa mereka berhubungan. Hal ini akan menimbulkan kebencian dari orang lain dan pengucilan sosial yang hanya akan mempertegas dan memperdalam keluhan INTJ terhadap dunia. 
  3. Tindakan impulsif yang tak sehat. Di tahap ini seorang INTJ merasa tidak berharga, hampa dan mati didalam. Depresi ini pun akan menurunkan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah karena dalam posisi ini, dia mengabaikan fungsi Te nya dengan melakukan tindakan impulsif seperti narkoba, alkohol, seks bebas bahkan tindakan bunuh diri. 

Ni-Fi Looping

Jika kita ingat kembali pembahasan mengenai fungsi kognitif, INTJ memiliki fungsi dominan Ni-Te-Fi-Se yang saling bekerja dengan baik dan berkaitan satu sama lain. Ketika dalam keadaan sehat, mereka akan menggunakan lebih banyak Ni, diikuti oleh Te, Fi dan terakhir Se. Semuanya berfungsi secara sistematis dan berurutan. Namun ketika mereka sedang berada dalam keadaan stress dan depresi, disinilah Ni-Fi Looping terjadi. 


INTJ akan mengabaikan fungsi Te dan hanya akan menggunakan 2 fungsi dominannya. Ini akan menghasilkan keputusan yang buruk, fantasi irasional dan kehilangan fokus mereka.
Apa yang menjadikan INTJ masuk dalam situasi ini ?
  • Mekanisme pertahanan diri. Seorang INTJ membela diri dari dunia luar dan tekanan luar dengan mengasingkan diri dalam fungsi introvert mereka.
  • Akibat dari ketidakseimbangan lingkungan. INTJ tidak diberi kesempatan yang cukup untuk menggunakan fungsi Te nya, dengan demikian mereka akan tetap dalam pengasingan diri dan fokus pada fungsi introvert mereka. 
  • Jika fungsi Te tidak dihargai, seorang INTJ menyukai dunia internal sedemikian luas sehingga mereka tidak mengembangkan fungsi Te atau keluar ke dunia luar.

Seperti apa INTJ dalam Ni-Fi Looping ? 

Mereka terjebak dalam dunia visi teoritis dan diperparah oleh reaksi emosional. Mereka sering disebut ahli teori konspirasi ketika ini terjadi. Mereka menjadi terlalu curiga terhadap orang lain dan dunia pada umumnya. Fi memberi makan kecurigaan berbasis emosi INTJ, dan Ni akan melakukan apa saja untuk membenarkan kecurigaan itu. Sebagai contoh yang sering saya rasakan, saya sering membayangkan betapa menyeramkannya dunia kerja. Yang paling saya khawatirkan adalah SDM didalamnya karena kesulitan saya berhubungan baik dengan orang lain. Ni memberi bayangan itu dan mengingatkan saya pada pengalaman sebelumnya, dan Fi memberi saya perasaan yang buruk. Akhirnya saya hanya akan merasa takut dan tak berani untuk masuk ke dunia itu. 
Jika Te dan Se saya ikut terlibat dan bekerja dengan baik, saya akan melihat sisi lainnya. Mungkin yang saya pikirkan tidak benar karena saya tidak tahu seperti apa yang akan terjadi nanti.  Bisa jadi saya begitu nyaman bekerja di sebuah perusahaan. Bisa jadi juga saya menemukan peluang lain yang tak pernah saya sangka sebelumnya. Setelah itu, Se berfungsi untuk menghadapi itu dan mendapatkan keberanian kembali. 

Lalu bagaimana untuk keluar dari lingkaran Ni-Fi ?

Langkah pertama untuk keluar dari Ni-Fi Loop adalah menyadari kalau diri sendiri berada dalam fase looping ini. Ini mungkin sulit karena looping ini sangat nyaman dan terlihat natural karena masih menggunakan fungsi dominannya. Apapun yang kalian lakukan, jangan pernah gunakan Se untuk menyelesaikan masalah. Banyak tipe INTJ dan INFJ melakukan ini padahal ini takkan menyelesaikan apapun, kalian hanya akan jatuh lebih kedalam genggaman Se. Masuk dalam genggaman Se hanya akan membuat kalian semakin terjebak daripada menjadi sehat secara mental. Menggunakan fungsi Te kalian adalah opsi yang terbaik. 
Kalian bisa meminta bantuan pada siapapun yang dipercaya, untuk membantu kalian melihat apa yang mungkin dilewatkan atau kesalahan langkah logis yang kalian ambil. Gunakan Te untuk membuat perbedaan didunia luar. Fokus pada tujuan logis yang dicapai dan buat peta jalan bagaimana kalian akan mencapainya. Menulis jurnal pun akan sangat membantu kalian keluar dari Ni-Fi Loop ini. Kalian tidak diperbolehkan untuk menghadapi Fi ketika ini sampai kalian merasa siap menghadapinya. 

Apa yang terjadi jika INTJ masuk dalam genggaman Se ?

Mimpi buruk! Ketika mereka masuk dalam genggaman Se atau bahasa inggrisnya Se Grip, mereka akan mencari kenikmatan duniawi seperti via seks, makanan, belanja, narkoba, alkohol dan membuat keputusan - keputusan jangka pendek yang seringkali mereka sesali dikemudian hari. Sikap mereka akan impulsif ketika penuh tekanan, takkan terkendali. Satu satunya cara untuk kembali dalam keadaan sehat hanyalah menggunakan fungsi Te kembali. Meski saya tahu untuk keluar dalam genggaman Se ini sangat sulit, tapi saya yakin kalian pasti bisa. Jangan takut untuk meminta bantuan professional apabila keadaan kalian sudah sangat parah. 

Baiklah kita sudah mencapai akhir penjelasan mengenai INTJ. Semua tulisan ini saya tulis berdasarkan hasil riset saya, jadi mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan dan jika ada kata kata saya yang kurang berkenan. Seperti biasa, saya menerima kritik dan saran dari kalian demi perkembangan blog ini. Kurang lebihnya saya ucapkan terima kasih. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kawaiku Naritai - Honeyworks ft. Sana (Indonesia Ver)

Mengenal 9 Kepribadian Menurut Enneagram