Mengenal 9 Kepribadian Menurut Enneagram

Selain MBTI, Enneagram juga digunakan sebagai alat ukur kepribadian. 

Kalau sebelumnya kita sudah mengetahui MBTI sebagai alat ukur kepribadian, ada satu lagi teori kepribadian yang cukup terkenal yaitu Enneagram Personality. Teori kepribadian yang satu ini sering dipadupadankan dengan MBTI dan merupakan tipologi yang menjelaskan mengapa tipe MBTI yang sama memiliki ciri ciri kepribadian yang berbeda setiap orang. Menurut Enneagram, ada 9 tipe kepribadian yang memetakan masing - masing menjadi 9 sudut, membantu menggambarkan bagaimana tipe - tipe ini berhubungan satu sama lain. Tipe - tipe ini disebut Enneatypes. Nama Enneagram sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Yunani yang mana Ennea berarti sembilan dan Gramma berarti sesuatu yang digambar atau ditulis. Metode ini telah ada selama ratusan tahun yang lalu dan mulai berkembang sekitar tahun 1960-an yang kemudian dipopulerkan oleh Ichazo dan Claudro Naranjo.
Masing - masing tipe kepribadian Enneagram menjelaskan tentang inti keyakinan manusia untuk berperilaku. Keyakinan inti ini dapat mendorong motivasi dan ketakutan yang ada pada diri seseorang yang akhirnya membentuk perspektif mereka terhadap dunia sekitarnya. Memahami Enneagram dapat mengetahui bagaimana hal itu mempengaruhi perspektif kita, dapat membantu kita untuk memperluas perspektif dan melihat penyebab seseorang berperilaku. Selain itu, Enneagram ada untuk membantu kita memahami bagaimana seseorang bersikap terhadap stress dan ketakutan. Dalam Enneagram juga ada yang dinamakan Subtypes (Sp/So/Sx) yang menjelaskan mengapa satu tipe kepribadian memiliki pendekatan yang berbeda, lalu ada juga yang dinamakan Enneagram Wings dan Enneagram Kombinasi bernama Tritypes. Semuanya akan saya jelaskan di post ini. 


Kalau kita perhatikan gambarnya, ke 9 enneatypes ini dikategorikan menjadi 3 pusat yaitu Body Centre (Naluri), Heart Centre (Perasaan) dan Head Centre (Berfikir). 
  • Body Centre (enneatype 8,9 dan 1) dibentuk sebagai respon terhadap kemarahan.
  • Heart Centre (enneatype 2,3 dan 4) dibentuk sebagai respon terhadap rasa malu dan menciptakan citra diri.
  • Head Centre (enneatype 5, 6, dan 7 ) dibentuk sebagai respon terhadap ketakutan atau kecemasan
Apapun jenis Enneagram yang kita punya, kita memiliki ketiga pusatnya di dalam diri kita. Ketiganya ini saling berkaitan dan berinteraksi. Mengetahui pusat mana yang dominan kita gunakan adalah langkah pertama yang penting menuju kesadaran diri. Selanjutnya kita integrasikan kedua pusat lainnya yang ada dalam diri kita.

Body Centre

Enneatype 8, 9 dan 1 memiliki distorsi dalam insting, akar dari daya hidup, vitalitas dan keberlangsungan hidup kita. Emosi umum untuk pusat tubuh adalah kemarahan. Kemarahan itu berasal dari tanggapan insting terhadap rasa yang mengganggu atau mengacau. Tipe Body Centre sangat peduli dengan kontrol lingkungan. 

Enneatype 8 cenderung melampiaskan amarahnya. Mereka mengekspresikan amarah dengan sangat mudah dan cepat. Mereka berjaga - jaga sehingga tidak ada yang bisa melewati pertahanan mereka dan menyakiti mereka. Kemarahan mereka umumnya muncul dari situasi dimana mereka atau orang lain mengalami ketidakadilan. 
Enneatype 9 adalah yang paling tidak berhubungan dengan amarahnya, cenderung melepaskan diri dari amarah dan membangun keharmonisan serta kenyamanan, baik secara internal maupun eksternal. Mereka menutup mata terhadap apapun yang mengancam kedamaian mereka. Hal semacam ini disebut juga kemarahan yang tertidur.
Enneatype 1 cenderung memendam emosinya. Mereka tidak suka mengungkapkan kemarahan mereka secara eksternal, bisa sangat kritis terhadap diri sendiri dan bekerja sangat keras untuk menahan diri dari dorongan bawah sadar mereka. 
Sebagai kesimpulan, enneatype 8 melepaskan amarahnya, enneatype 9 merasa terputus dan bertentangan dari amarahnya, dan enneatype 1 merendam dan menahan amarahnya. 

Heart Centre

Enneatype 2, 3, dan 4 memiliki distorsi dalam perasaan dan mengetahui kebenaran tentang siapa diri kita sebenarnya. Pusat ini juga dapat merasakan makna, nilai dan kemuliaan dari keberadaan diri di dunia. Emosi umum untuk pusat hati adalah rasa malu. Enneatype 2, 3 dan 4 mencari pencerminan, pengakuan dan validasi. Manusia membutuhkan ini karena ketika masih bayi, tak memiliki kapasitas refleksi diri. Jadi hanya mengetahui siapa diri sendiri di mata orang lain. Jadi, ketika tidak mendapatkan perhatian yang diinginkan, kita merasa kekurangan, rasa malu dan kekosongan yang mendalam. Tipe pusat hati menginginkan perhatian dan mementingkan citra diri. 

Enneatype 2 cenderung sangat peduli pada orang lain untuk mendapatkan perhatian yang baik, sehingga mereka tak merasa malu. Mereka menciptakan citra yang disukai dan dibutuhkan. Tapi mereka kesulitan mengetahui perasaan dan kebutuhan diri mereka sendiri. Mereka sering berfikir "Ada banyak orang yang tidak dapat hidup tanpa saya" .
Enneatype 3 paling tidak berhubungan dengan perasaan mereka, mereka membutuhkan umpan balik dan penegasan positif dari orang lain. Mereka menemukan nilai dan harga diri melalui prestasi dan kinerja untuk menolak rasa malu. Mereka cenderung memproyeksikan citra kesuksesan, dan mencari kekaguman dari orang lain dan sangat terfokus pada tujuan. 
Enneatype 4 cenderung mencari alasan kenapa mereka unik dan berbeda dibanding yang lain. Mereka menciptakan dan mempertahankan suasana hati, menggunakan emosi mereka sebagai cara bertahan melawan penolakan dengan mendramatisasi kehilangan serta rasa sakit mereka. Mereka menghindari perasaan malu yang lebih dalam, menarik perhatian dan belas kasihan orang lain. 
Kesimpulannya, enneatype 2 memunculkan rasa malu mereka dengan menciptakan citra orang baik, enneatype 3 merasa bertentangan dengan rasa malu mereka dengan menciptakan citra kesuksesan, dan enneatype 4 menginternalisasi rasa malu mereka dengan menciptakan citra identitas unik. 

Head Centre

Enneatype 5, 6 dan 7 memiliki distorsi dalam pemikiran. Pusat kepala memberi tahu kita tentang kebijaksanaan saat ini dan adanya kehadiran itu adalah kecerdasan. Ketika kita kehilangan hal itu, kita kehilangan kapasitas ini. Pikiran harus menjaga semua pertahanan dan membangun rasa diri yang terpisah, rasa diri ego. Maka dari itu, adanya aktivitas mental menjadi upaya kita menciptakan landasan diri bagi rasa diri kita sendiri untuk menghasilkan arahan dan bimbingan.

Enneatype 5 bereaksi terhadap rasa takut dengan menarik diri ke dalam pikiran dan mengurangi kebutuhan pribadi mereka. Mereka perlu menguasai sesuatu agar mereka aman, dan cenderung mengamati sekelilingnya dari jarak jauh untuk membuat analisis situasi yang jelas.
Enneatype 6 bereaksi terhadap rasa takut dengan meramalkan skenario terburuk. Mereka biasanya siap untuk segala sesuatu yang bisa salah. Mereka mencari bimbingan dari pihak berwenang untuk mengatasi hilangnya bimbingan batin dan memberontak terhadap pihak berwenang ketika mereka menjadi tergantung.
Enneatype 7 bereaksi terhadap rasa takut dengan mencoba mengubah siatuasi yang tidak nyaman menjadi sesuatu yang menarik dan baru untuk menghindari rasa takut. Mereka takut terjebak dalam rasa sakit emosional, kesedihan, dan kecemasan. Mereka melarikan diri ke dalam aktivitas dan mengantisipasi aktivitas untuk menyibukkan pikiran mereka.
Sebagai kesimpulan, enneatype 5 menginternalisasi ketakutan mereka dengan mundur ke dalam pikiran mereka. Enneatype 6 merasa bertentangan dengan ketakutan mereka dengan menghindari ketakutan internal dan ancaman eksternal. Enneatype 7 mengekspresikan ketakutan mereka dengan melarikan diri ke dalam aktivitas agar pikiran mereka tetap sibuk.

9 Tipe Kepribadian Enneagram

Kalau sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang 3 pusat enneagram, pada bagian ini saya akan menjelaskan seperti apa kepribadian dari masing masing enneatype. Saya akan menjelaskannya secara berurutan sesuai angka enneatype-nya.

1. The Perfectionist

Tipe ini sering dijuluki sebagai The Worker dan Reformer karena sifat mereka yang sulit untuk menerima dirinya sendiri ketika membuat kesalahan sehingga mereka sangat ingin semuanya berjalan sempurna sesuai ekspetasinya. Tipe perfeksionis ini memiliki standar tinggi terhadap sesuatu. Standar itu bisa macam - macam hal dari yang umum sampai yang detil. 
Orang dengan pribadi perfeksionis selalu merasa bahwa dirinya harus melakukan perbaikan diri serta lingkungan disekitarnya. Tipe ini adalah orang yang selalu memegang etika serta bisa diandalkan. Orang dengan kepribadian ini seringkali merasa gagal jika tidak dapat mengontrol situasi dimana dia memikul tanggung jawab disitu. Oleh karena itu, kepribadian ini seringkali mendapat kepercayaan untuk menjadi pemimpin dalam suatu organisasi. Tipe 1 ini juga sangat produktif. Apabila jika suatu hari ia bersantai santai, ia akan merasa sangat bersalah karena memilih untuk tidak produktif. Orang dengan tipe ini pun sangat bijaksana serta lebih idealis ketika memilih sesuatu, baik berbentuk barang atau sesuatu yang ia pilih untuk dilakukan. 
Ciri - ciri kepribadian perfeksionis :
- Idealis
- Punya standar tinggi
- Minim kesalahan
- Produktif
- Bijaksana
- Obsesi Kompulsif

2. The Helper

Tipe penolong ini adalah tipe yaang murah hati dan senang menolong orang lain. Namun terkadang mereka tidak benar benar tulus untuk menolong, bisa jadi karena mereka memiliki rasa tidak enak untuk menolak. Hal ini menjadikan tipe yang satu ini lebih menomor satukan kebutuhan orang lain sebelum dirinya sendiri. 
Orang dengan tipe penolong ini dimotivasi oleh keinginannya untuk dicintai, dihargai dan mengekspresikan perasaan positif pada orang lain. Seseorang dengan tipe ini memiliki sifat mengasihi, berwawasan luas, perhatian, murah hati dan sangat peka dengan apa yang orang rasakan. Sayangnya dari tipe kepribadian ini adalah ingin menolong semua orang tapi tidak memperhitungkan kemampuan diri. Secara umum, tipe ini sangat menyenangkan. Pintar bergaul dan pandai membina relasi dengan orang lain sehingga banyak orang menyukainya. 
Ciri - ciri tipe kepribadian penolong :
- Murah hati
- Suka membantu otang lain
- Sosial 
- Sedikit manipulatif
- Peka terhadap perasaan orang lain
- Heroes Complex

3. The Achiever

Tipe pemburu prestasi adalah tipe kepribadian yang digerakkan oleh kebutuhan agar terus produktif. Tipe ini sedikit mirip dengan tipe perfeksionis dalam hal produktivitas. Tipe ini akan berusaha keras sebisa mungkin menghindari kesalahan serta merupakan pribadi yang sangat optimis. Tipe ini yakin bahwa berbagai kerja yang dilakukan akan berbuah baik. Mereka percaya bahwa tak ada rintangan yang tidak bisa dilewati. Namun negatifnya, pemburu prestasi ini terkadang akan melakukan segala cara untuk meraih kesuksesan. Ia akan kompetitif dan manipulatif. Terkadang akan memperdaya orang lain agar meluruskan jalannya menuju tujuan yang ia inginkan. 
Ciri - ciri tipe kepribadian pemburu prestasi :
- Produktif
- Ambisius 
- Optimis 
- Kompetitif
- Senang berbagi
- Manipulatif

4. The Individualist

Tipe yang satu ini adalah orang yang seringkali tenggelam dalam perasaannya sendiri. Tipe ini begitu percaya serta memaklumi berbagai hal yang ingin dia alami dalam hidup dengan amat dalam. Si melankolis ini seringkali merasa tidak ada yang bisa memahami apa yang dia rasakan. Ia merasa berjalan sendirian. Tipe individualis ini gemar mencari makna hidup, dan menghindari citra diri yang datar - datar saja. Tipe ini ingin menjadi seseorang yang tak biasa, menjadi eksentrik dan tidak mainstream di lingkungannya.
Tipe ini adalah orang yang sangat hangat dan penuh welas asih, punya hati yang halus, tidak tega dengan hal - hal keji. Ketika bergembira, ia akan menikmati momen itu dan begitu pula ketika ia bersedih. Semuanya dilakukan sungguh-sungguh. 
Ciri - ciri kepribadian individualis :
- Moody
- Menyukai seni
- Perasaannya halus
- Ekspresif
- Depresif
- Eksentrik

5. The Investigator

Tipe pengamat ini adalah seorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Tipe ini juga ingin memahami dunia di sekitarnya. Jika ia tak menemukan penjelasan logis dari apa yang terjadi disekitarnya, maka tipe ini akan mencoba berbagai cara untuk bisa menjawab dan memahamo dunianya itu seperti layaknya detektif dan peneliti. Tipe ini akan mengumpulkan berbagai data dan cerita untuk bisa mencari jawaban atas berbagai pertanyaan dalam dirinya. 
Tipe pengamat ini punya kepekaan tinggi terhadap lingkungan dan sesamanya, Tanpa bertanya atau mengumpulkan jawaban dari sana-sini, lewat pengamatannya yang tajam, ia bisa menyimpulkan jawaban atau merangkai sebuah cerita dari fenomena yang terjadi didepannya. Mereka memiliki intelektual tinggi, sangat analitis, menjadikan tipe ini sangat tepat untuk memetakan permasalahan. Secara bijaksana mencari berbagai alternatif jawaban yang logis untuk bisa memecahkannya. 
Ciri - ciri kepribadian pengamat :
- Analitis
- Objektif
- Problem Solver
- Keras kepala
- Argumentatif 
- Rasa ingin tahu sangat tinggi
- Tidak mau dengar pendapat orang lain. 

6. The Loyalist

Tipe ini disebut juga tipe skeptis dan pencemas karena mereka selalu menginginkan rasa aman. Tipe ini seringkali cemas pada sesuatu hal yang tidak bisa mereka kontrol sehingga mereka akan bertindak sangat hati - hati. Tidak hanya dalam lingkungan mereka, ketika membuat keputusan pun mereka harus menjadi saksi sendiri atas penyelesaian masalah yang dihadapi itu. Tipe pencemas ini sulit untuk memasrahkan hidupnya pada alam semesta atau pada orang lain. Ia cenderung tidak mudah percaya. 
Namun meskipun begitu, mereka sangat setia, sangat perhatian, dan hangat. Memiliki rasa welas asih yang besar pada semua makhluk serta membantu orang lain. Seorang tipe pencemas juga memiliki komitmen yang kuat pada sesuatu yang sudah ia pegang. 
Ciri - ciri kepribadian pencemas :
- Insecure
- Terlalu khawatir 
- Tidak mudah percaya
- Komitmen kuat
- Setia 
- Bertanggung jawab

7. The Enthusiast

Tipe petualang ini adalah tipe yang tidak bisa diam dan energinya selalu menggebu. Motivasi dan tujuannya ingin mencapai kehidupan yang bergembira setiap hari bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan. Ia tidak akan tahan jika harus terus menerus berada di satu tempat yang sama dengan kegiatan yang sama pula. Si petualang ini energinya sangat amat baik dan tulus, punya keinginan untuk menciptakan kebahagiaan dan kedamaian di muka bumi. 
Ia merupakan sosok yang menyenangkan, spontan, dan tidak akan pernah bisa membosankan berteman dengan tipe ini. Mereka juga sosok amat imajinatif dan antusias jika melakukan kegiatan yang sesuai dengan kata hatinya. 
Ciri - ciri kepribadian tipe petualang :
- Cepan bosan
- Spontan
- Menyenangkan
- Imajinatif
- Tidak konsisten
- Tidak disiplin
- Tidak fokus

 8. The Challenger

Tipe pejuang ini merupakan tipe yang tidak mudah menyerah, mereka punya pengendalian diri yang sangat besar. Ia tidak ingin kelemahannya terlihat, sangat mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Tipe yang satu ini sangat percaya dengan kemampuannya, yakin semuanya bisa ia kerjakan sendiri, dan memiliki sifat positif yang luar biasa. Namun, tipe ini cenderung ingin menguasai orang lain dan cenderung otoriter. Jelas tipe ini tidak bisa diperintah atau berada di bawah kendali orang lain. 
Tipe ini sangat pemberontak, tidak menyukai sistem yang represif, tidak sensitif, tidak suka orang yang tidak apa adanya. 
Ciri - ciri kepribadian tipe pejuang :
- Semangat
- Mandiri
- Tidak sensitif
- Otoriter
- Tidak mudah menyerah
- Percaya diri

9. The Peacemaker

Tipe pendamai ini merupakan tipe yang tidak menyukai konflik. Ia menjaga kedamaian dirinya serta orang orang yang ada disekitarnya. Ketika ada konflik, tipe pendamai ini akan mencari jalan tengah sehingga tidak ada yang tersinggung. Orang dengan tipe pendamai ini banyak ragamnya. Ada yang sifatnya lembut dan halus perasaannya, namun ada juga yang amat mandiri dan amat keras. Sebagai seorang teman, tipe ini adalah kawan yang menyenangkan. Kehadirannya selalu membawa ketenangan dan kedamaian. Ia merupakan seseoran yang sabar dan diplomatis, sehingga lawan bicaranya tidak akan sakit hati. 
Namun tipe ini cenderung kesannya amat pasif dan pemalu. Bukan tipe orang yang lantang berbicara atau tindakan tindakan yang memulai sebuah gerakan. Sikapnya ini sebenarnya juga didorong oleh sifat apatis dirinya. Ia bersikap tidak mau tahu atau tidak mau berada dalam posisi yang membahayakan. Seringkali bersikap cari aman. 
Ciri - ciri kepribadian tipe pendamai : 
- Tidak suka konflik 
- Diplomatis
- Sabar
- Apresiasif
- Cari aman
- Pelupa
- Pasif
- Pendengar yang baik

Enneagram Wings dan Tritypes

Akhirnya sampai pada penjelasan Enneagram Wings dan Tritypes. Sepengetahuan dari pemahaman saya, enneagram kombinasi (Tritypes) ditentukan dari 3 pusat utama enneagram yang sudah saya jelaskan di awal (Body Centre, Heart Centre, dan Head Centre). Ada 27 Archetypes dari enneagram kombinasi : 

The Mentor : 125, 251, 512
The Supporter : 126, 261, 612
The Teacher : 127, 271, 712
The Technical Expert : 135, 351, 513
The Taskmaster : 136, 361, 613
The System Builder : 137, 371, 713
The Researcher : 145, 451, 514
The Philosopher : 146, 416, 614
The Visionary : 147, 417, 714
The Strategist : 258, 582, 825
The Problem Solver : 259, 592, 925
The Rescuer : 269, 682, 826
The Good Samaritan : 269, 692, 926
The Free Spirit :278, 782, 827
The Solution Master : 358, 583, 835
The Thinker : 359, 593, 935
The Justice Fighter : 368, 683, 836
The Mediator : 369, 639, 936
The Mover Shaker : 378, 738, 837
The Contemplative : 459, 549, 945
The Truth Teller : 468, 648, 846
The Messenger : 478, 748, 847
The Gentle Spirit : 479, 749, 947
Untuk penjelasan lebih detail mengenai ke 27 archetype ini, klik disini. Siapkan google translate ya karena berbehasa inggris.

Lalu bagaimana dengan enneagram wings ? Setiap tipe pada enneagram berhubungan langsung dengan dua tipe lainnya yang disebut sebagai panah. Sebagai contoh, jika kalian perhatikan kembali gambar enneagram, enneatype 1 berhubungan dengan tipe 7 dan 4. Dinamika hubungannya adalah jika tipe 1 dalam keadaan rileks, ia akan mengambil karakter positif dari tipe 7 dan apabila dalam keadaan stress atau tertekan, ia akan mengambil karakter negatif dari panah sebaliknya yaitu tipe 4. 
Selain panah, kepribadian kita dapat tercampur atau terpengaruhi oleh tipe kiri dan kanan kita. Tipe kiri dan kanan inilah yang disebut dengan sayap. Contohnya tipe 1 punya 2 kemungkinan sayap yaitu 1w2 dan 1w9. 1w2 cenderung lebih hangat, suka menolong, mengkritik dan menguasai. 1w9 cenderung lebih tenang, lebih santai, objektif dan jaga jarak. 

Enneagram Subtypes

Enneagram Subtypes atau dapat dibilang juga varian instingtual mengacu pada 3 area berbeda dari tipe kepribadian yaitu naluri untuk mempertahankan diri (Sp), naluri seksual (Sx), dan naluri sosial (So). Masing - masing akan memunculkan aspek tambahan dari kepribadian seseorang tergantung situasinya. 
Subtype ini mengacu pada bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dan dunia, memberikan wawasan lebih jauh tentang bagaimana individu menghadapi kehidupan, orang dan situasi tergantung pada naluri mereka. 
  • Self-Preservation Instinct (Sp) atau disebut naluri untuk mempertahankan diri, membantu kita memahami bagaimana seeorang memprioritaskan keselamatan dan keamanan untuk dirinya sendiri.
  • Sexual Instinct (Sx) atau disebut juga naluri seksual, memberikan wawasan mengapa beberapa orang fokus pada keintiman, pendekatan, dan berbagi pengalaman dalam hubungan mereka.
  • Social Instinct (So) atau disebut juga naluri sosial, menjelaskan pola dan perilaku individu yang mengutamakan pergaulan dan kebaikan suatu kelompok. 
Setiap manusia memiliki hal ini dan setiap tipe enneatype merespon hal ini berbeda. Self-prevervation fokus pada meminimalkan ancaman terhadap kebutuhan dan keselamatan mereka. Social Instinct berfokus pada struktur sosial dalam komunitas kita. Sexual Instinct berfokus pada hubungan primer satu satu. Sekarang mari kita simak pengaruh Enneagram Subtipe pada masing masing enneatype. 

Enneatype 1 

  • Self Preservation = Anxiety - The Pioneer
Karena tipe ini adalah tipe perfeksionis, mereka seringkali merasa cemas akan segala hal jika tidak berjalan sesuai dengan standar yang mereka tetapkan. Biasanya melihat diri mereka sebagai sosok penuh kekurangan sehingga berusaha keras untuk memperbaiki diri. 
  • Social = Inadaptibility - The Social Reformer
Mereka merasa nyaman pada peran sosial yang aman dan solid serta seperangkat aturan yang jelas. Mereka menekankan dan melakukan semua hal dengan "cara yang benar" sehingga hal ini dapat menyulitkan mereka dengan situasi baru atau menemukan cara baru untuk melakukan sesuatu. Ini juga yang dapa menyebabkan mereka membenci siapapun yang bertindak salah atau melakukan sesuatu dengan "cara yang salah". Tipe ini melihat peran mereka sebagai sosok yang membantu orang lain mencapai kesempurnaan dan melakukan sesuatu dengan benar. 
  • One-to-One = Jelaousy - The Evangelist
Tipe ini punya kontrol diri yang ketat, terkadang menyebabkan semangat yang berlebihan. Mereka perlu menjaga perhatian partner atau pasangan agar tidak menyalahkan diri sendiri. Subtipe ini juga menkmati seperangkat aturan yang jelas yang menguraikan perilaku yang benar. Tipe ini umum merasa cemburu  trhadap pasangan atau mereka yang tampak lebih ekspresif. 

Enneatype 2

  • Self Preservation = Privilege - The Nurturer
Subtipe ini sangat baik dalam menciptakan hubungan ramah dan hangat dengan orang lain. Mereka akan banyak memengaruhi, mendukung, dan membantu orang lain. Aspek ini terkadang membuat mereka merasa berhak atas keinginannya. Sayangnya, hal ini dapat mengakibatkan sikap sombong atau kesopanan palsu.
  • Social = Ambition - The Ambassador
Tipe ini sering mendapatkan harga diri mereka melalui pencapaian yang terlihat dan persetujuan sosial. Subtipe ini akan selaras dan berempati dengan kebutuhan orang lain. Mereka akan menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari organisasi karena hal ini. Alih - alih menjadi pusat perhatian, orang - orang ini merasa paling bersekutu dengan orang yang tepat. 
  • One-to-One = Seduction or Agression 
Mereka mudah membuat koneksi. Subtipe ini menggunakan keterampilan tersebut untuk mendapatkan persetujuan dari sekelompok orang terpilih dalam hubungan One-to-One. Mereka dapat menggunakan bahasa tubuh dan nada bicara tertentu yang mungkin dianggap penggoda oleh beberapa orang, meskipun tidak selalu dalam arti seksual. Gaya agresif mereka ini dapat menyebabkan mereka menginginkan lebih banyak perhatian dan pengakuan pribadi. 

Enneatype 3

  • Self Preservation = Security - The Company Man/Woman
Memiliki kemampuan luar biasa untuk bekerja keras serta mempertahankan citra baik. Subtipe ini akan mencari kesuksesan materi. Namun subtipe ini berpotensi kehilangan diri mereka yang sebenarnya. karena terlalu terlibat peran mereka ditempat kerja. 
  • Social = Prestige - The Politician 
Dorongan subtipe ini untuk sukses biasanya terkait dengan persetujuan sosial. Mereka ingin mengetahui orang yang tepat dan mendapatkan kekuasaan - kekuasaan dalam kelompok sosial. Tipe ini dapat membuat diri mereka tampak lebih sebagai pemimpin daripada melalui pembuatan citra. Mereka pun sering khawatir soal diri mereka menurut pendapat orang lain. 
  • One-to-One = Masculinity/Feminimity - The Movie Star
Karena ingin memberi citra kesuksesan, subtipe ini menginginkan gambaran terbaik yang menarik bagi orang lain dan serius untuk menyenangkan orang di sekitar mereka. 

Enneatype 4

  • Self Preservation = Dauntlessness - The Creative Individualist
Tipe ini berani untuk terjun ke situasi baru bahkan mengambil resiko yang kebanyakan orang tidak mau. Tindakannya mungkin sembrono namun mereka bekerja dengan baik dengan gaya yang lebih kreatif dan artistik. 
  • Social = Shame/Honor - The Critical Commentator
Subtipe ini sering merasakan kekurangan dalam situasi sosial. Mereka akan iri dengan orang yang punya status atau terlihat memiliki. Mereka sering merasa perlu menentukan resolusi untuk ketegangan antara ekspetasi sosial dan jadi diri mereka yang sebebnarnya. Subtipe ini harus dapat memiliki pera sosial yang dapat diterima. 
  • One-to-One = Competitiveness - The Dramatic Person
Persaingan adalah hal baik untuk subtipe ini . Itu dapat membantu mereka mengatasi perasaan kekurangan batin dan memotivasi diri menuju tujuan. Tipe ini mengenali kekuatan orang lain dan melihatnya sebagai persaingan yang unik. 

Enneatype 5 

  • Self Preservation - Homw - The Castle Defender
Tipe ini melihat rumah mereka sebagai istana mereka. Tempat untuk merasa aman dan bersembunyi dari dunia. Tipe ini akan berusaha keras untuk mempertahankan kastil mereka. Mereka pandai menetapkan batasan dengan orang lain, meminimalkan kebutuhan mereka, mencari perlindungan dan kemudian memiliki perbekalan dan semua mereka butuhkan dalam perlindungan itu. 
  • Social = Totem/Symbols - The Professor
Haus akan pengetahuan, dan mereka adalah seseorang yang menjadi ahli di bidang atau topik tertentu yang menarik bagi mereka. Menikmati mendapatkan pengetahuan dan berhubungan dengan orang lain yang memiliki minat intelektual yang sama. Mudah berhubung dengan orang lain yang punya minat sama dengan mereka. 
  • One-to-One = Confidentialist - The Secret Agent
Subtipe ini sering berbagi pemikiran dan perasaan terdalam mereka dari dalam diri mereka sendiri dengan orang lain. Mereka punya sering mengalami konflik dan biasanya lebih berhubungan dengan emosi mereka tapi tidak akan banyak menunjukkannya. 

Enneatype 6

  • Self Preservation = Warmth - The Family Loyalist
Sering merasa takut daripada yang lain. Mereka mengatasinya dengan membuat koneksi atau kesepakatan dengan orang lain. Hal ini dilakukan melalui kehangatan pribadi karena tipe ini tidak mau ditinggal sendiri. Jika tipe ini mengalami kurangnya kehangatan bahkan ancaman terhadap keamanan mereka sejak kehiupan mereka, hal ini dapat menimbulkan ketakutan dalam diri dan tak ingin mengambil risiko dan tetap berada dalam batasan yag mereka kenal baik. Membutuhkan kepastian. 
  • Social = Duty - The Social Guardian 
Subtipe ini perlu memahami perannya dalam masyarakat, dalam suatu kelompok. Perlu tahu aturan dan punya kesepakatan yang jelas dengan orang lain. Mereka sering merasa tak yakin apa mereka termasuk atau tidak. Subtipe ini logis dan rasional serta menemukan keamanan dalam mengikuti pedoman sistem.
  • One-to-One = Strength or Beauty - The Warrior
Ada 2 cara subtipe mengatasi atau menghindari rasa takut. Pertama, kemauan, kekuatan fisik dan keberanian. Bisa juga melalui intelek seseorang. Cara lain mereka menangani keraguan adalah dengan menggunakanpersepsi dan idealisme seseorang untuk menciptakan keindahan lingkungannya. Melakukan hal ini membantu mereka untuk memiliki rasa stabilitas dan kendali.

Enneatype 7

  • Self Preservation = Family - The Gourmand
Subtipe enneagram ini punya kehidupan penuh keluarga dan teman. Mereka banyak bicara, menikmati berbagi percakapan dan ide baik. Pandai melihat peluang dan tahu apa yang mereka inginkan.
  • Social = Limitation/Sacrifice - The Utopian Visionary
Tipe ini berjuang antara butuh teman dan proyek untuk mengekspresikan idealisme sosial dan cinta hidup. Mereka pandai melihat peluang tetapi tidak ingin dianggap mementingkan diri sendiri, sehingga mereka sering mengorbankan keinginan mereka untuk membantu orang lain. 
  • One-to-One = Suggestibility/Fascination - The Adventurer
Tipe ini dianggap sebagai pemimpi idealis dari sering kali perlu membayangkan sesuatu yang lebih baik daripada dunia sekitar mereka. Mereka biasanya melihat hal sebagaimananya alih - alih bagaimana mereka sebenarnya. Mereka memiliki kekuatan sugesti luar biasa.

Enneatype 8

  • Self Preservation = Satisfactory Survival - The Survivalist
Subtipe ini menggunakan agresivitasnya dalam kelangsungan hidup fisik dan keamanan material. Mereka sangat protektif terhadap keluarga dan teman mereka dan sering menciptakan wilayah mereka untuk menjaga diri dan orang yang mereka cintai. 
  • Social = Friendship - The Group Leader
Subtipe ini fokus untuk melindungi, mendukung, dan membimbing siapapun yang terhubung dengan mereka. Seringkali tegar dan memberontak namun akan lebih lembut saat menjaga orang lain. 
  • One-to-One = Possesion/Surender - The Commander
Tipe ini menginginkan kendali atas pasangannya atas orang penting lainnya. Mereka akan sering menggunakan kekuatan dan penegasan diri untuk mencapai hal ini. Mereka terkesan, tidak dapat beradaptasi. Cenderung pemberontak dan senang menjadi pusat perhatian. 

Enneatype 9 

  • Self Preservation = Appetite - The Collector
Subtipe ini sangat baik dalam menciptakan infrastruktur dan pola hidup yang masuk akal. Mereka juga menyukai rutinitas yang akrab.  Kelimpahan dan kenyamanan materi penting bagi mereka, tetapi seringkali membayangi pertumbuhan pribadi mereka. Sering menjadi buta terhadap kebutuhan individu dan mengisinya dengan konsumsi material. 
  • Social = Participation - The Community Benefactor
Orang dengan subtipe ini bekerja keras untuk mendukung kelompok mereka dan melakukan ini untuk menemukan rasa memiliki serta kenyamanan. Mereka suka merasa seolah - olah bagian dari sesuatu. Berbaur baik dengan teman, tidak mementingkan diri sendiri, lupa prioritas pribadi saat mengurus kelompok terlebih dahulu. 
  • One-to-One = Union - The Seeker
Subtipe ini kesulitan menjaga batasan pribadi dan fokus pada diri mereka sendiri. Mereka sering menyelaraskan keinginan dan sikap mereka dengan orang penting lainnya dalam hidup mereka. Cenderung manis, lembut, dan kurang asertif. Sering mengambil pendapat dan perasaan orang lain tanpa disadari. 

Bagaimana cara untuk mengetahui Enneagram kita ?

Saya sebenarnya tidak terlalu merekomendasikan tes enneagram secara online karena hasilnya tidak terlalu akurat. Jadi saya lebih menyarankan pada kalian untuk mempelajari masing - masing enneatype yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Namun, jika kalian tetap penasaran untuk mencoba tes enneagram secara gratis, ada satu web yang bisa kalian coba yaitu Cloverleaf. Berkat web ini pun, saya semakin yakin enneatype saya yang dominan apa dan ditambah dengan penjelasan rinci mengenai enneagram itu sendiri. Lumayan recommended lah ya, tapi alangkah lebih akuratnya lagi, menggunakan praktisi yang sudah ahli. Mungkin mereka tidak dapat menebak 100 persen tapi setidaknya, kalian mengenal diri kalian sendiri seperti apa. 

Sekian penjelasan panjang tentang enneagram kali ini. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam tulisan ini, saya akan update bila ada informasi baru. Kritik dan sarannya saya terima. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tipe Kepribadian INTJ "The Mastermind"

Kawaiku Naritai - Honeyworks ft. Sana (Indonesia Ver)